RSS

Jelaskan padaku apa itu linux??

27 May

linux-logoKetika ada orang bertanya kepada anda “Apa itu Linux? Apakah itu sebuah kernel atau sistem operasi?”

Jawaban singkatnya : Linux adalah kernel

Bicara lebih terperinci, linux tidaklah berarti apa-apa tanpa kernel. Bagaimanapun juga, kata Linux digunakan untuk mendeskripsikan Linux sebagai sistem operasi. Kata “distribusi Linux” digunakan sebagai referensi dari berbagai macam sistem operasi yang dibangun diatas Kernel Linux.

  • Linux : sebuah kernel (tanpa shell, browser, termasuk compiler  atau installer untuk menginstallnya dalam sistem)
  • Linux : kata yang digunakan untuk mendeskripsikan sistem operasi UNIX-like (mirip-UNIX)  yang gratis dan open-source 
  • Distribusi Linux (Distro Linux) : linux kernel + shell + browser + GUI + Media Player + dan puluhan aplikasi + installer dan lain lain. Singkatnya, berbagai macam sistem operasi dibangun diatas Kernel Linux, Red Hat, Debian, Ubuntu kesemuanya adalah distribusi Linux yang dibangun diatas Kernel Linux.

Beberapa hal menarik tentang sistem operasi Linux

  • UNIX-like OS = Linux adalah sistem operasi gratis dan open-source yang menyerupai UNIX (UNIX-like). Bagaimanapun juga, linux tidak mengekor brand UNIX. Kebanyakan distro Linux untuk tidak memasarkan distro mereka sebagai bentuk UNIX karena pertimbangan biaya untuk sertifikasi. Selain itu, kebanyakan perusahaan bisnis lebih paham brand Linux.
  • Lebih lanjut tentang si Pembuat = Linus Torvalds adalah pembuat dan kepala arsitek dari Kernel Linux. Beliau sekarang bertindak sebagai koordinator proyek. Nama “Linux” berasal dari kernel Linux, awalnya ditulis pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Bagaimanapun, awalnya TOrvalds menginginkan untuk menyebut kernel yang beliau kembangan dengan nama Freax. Torvalds memiliki hak paten nama Linux, dan mengawasi penggunaannya melalui lembaga non-profit yang disebut Linux International.
  • Lebih lanjut tentang kode Kernel Linux = Sekitar 2% dari kode kernel ditulis sendiri oleh Torvalds. Kernel Linux yang sekarang telah menerima kontribusi dari ribuan pengembang seantero dunia. Torvalds tetap memegang otoritas kode apa saja yang bisa masuk ke dalam standar Kernel Linux yang dihosting di kernel.org. Bagaimanapun juga, distro Linux memodifikasi kernel tersebut sesuai dengan permintaan pelanggan mereka. Sebagai contoh, Red Hat yang biasanya mengupdate patch kernel ke versi stable dan mendistribusikannya kepada pelanggan melalui layanan berbayar RHN.
  • Maskot Linux = Tux secara luas telah diadopsi oleh komunitas Linux sebagai maskot dari kernel Linux.
  • Lebih lanjut tentang hak cipta = kernel Linux, utility dari GNU dan software berlisensi dibawah GNU General Public License (GPL). GPL memastikan bahwa siapa saja yang mendistribusikan kernel Linux harus membuat source-code (dan segala modifikasi) dapat dipakai oleh penerima dalam bentuk yang sama. Bagaimanapun, software yang dimasukkan dalan distro Linux bisa berlisensi dibawah BSD, MIT, atau lisensi open-source yang lain. Sebagai contoh, sistem X Window menggunakan lisensi MIT.
  • Portabilitas = kernel Linux dapat berjalan di berbagai jenis hardware termasuk , ponsel, komputer genggam, server mainframe, supercomputer, desktop dan di peralatan-peralatan embedded ataupun yang kecil. Linux sekarang lebih dikenal sebagai kernel sistem operasi yang paling banyak di-porting.
  • Adopsi Linux =Linux tumbuh semakin cepat dan telah diadopsi oleh banyak pengguna seantero jagad. Pasar linux tumbuh sangat cepat, dan pemasukan dari server, desktop dan paket software yang dijalankan diatas Linux diharapkan melampaui $35,7 miliar di akhir 2008. Sistem operasi Linux digunakan oleh siswa, bisnis, perumahan, organisasi, perusahaan dan pemerintahan. Perlu dicatat bahwa market share Linux desktop bervariasi antara 1 hingga 2 persen. Sebagai perbandingan, sistem operasi Microsoft memegang 88% market share. Bagaimanapun juga, Linux memiliki share yang lebih tinggi di server, netbook dan peralatan embedded.
  • Graphical User Interface = beberapa varian lingkungan desktop tersedia di LInux dimana GNOME dan KDE adalah GUI yang paling sering digunakan.
  • Command Line Interface = beberapa varian lingkungan command-line tersedia di LInux dimana BASH adalah CLI yang paling sering digunakan. Ada banyak tool kecil dan khusus (seperti awk, sed, cut, paste, dan lain lain) dapat bekerja sama dan terintegrasi dengan program lain. Ini disebut dengan prinsip Toolbox.
  • Penjadwalan Proses = kernel linux versi 2.6 menggnakan algoritma penjadwalan membantu proses secara interaktif. Bagaimanapun, linux menawarkan penjadwalan proses yang lain seperti Completely Fair Scheduling
  • Dukungan (Support) = kebanyakan Linux didukung oleh komunitas menggunakan forum online atau mailing-list. Red Hat, Canonical, Novell dan beberapa distro besar juga menyediakan support berbayar melalui telepon. Ada juga ahli Linux lokal berbayar. 
  • Dokumentasi dan Pelatihan = Informasi yang sangat kaya tersedia gratis secara online dalam bentuk blog, wiki, tutorial, atau dalam bentuk buku, sebagaimana yang tertera dalam halaman support dari vendor. Dokumentasi detil untuk command khusus, program, fungsi, pustaka, file dan format file sudah tersedia di halaman man, yang dapat diakses melalui command line, atau dilihat dari x window. Pelatihan banyak tersedia melalui kursus di universitas komputer dalam bidang pemrograman dan ilmu komputer. Selain itu, sertifikasi dari vendor tententu  tersedia dari Linux Professional Institute dan beberapa distro seperti Red Hat dan Ubuntu.

Kontroversi penggunaan nama GNU/Linux vs. Linux

  • Free Software Foundation meminta sistem operasi tersebut direferensikan sebagai GNU/Linux karena mereka menggunakan tool-tool dari GNU dan compilernya.
  • Media (seperti blog ini, koran atau TV) lebih suka menyingkatnya menjadi Linux
  • Kebanyakan distro Linux menggunakan kata-kata seperti Red Hat Linux atau Debian Linux, atau yang lebih ringkas Linux. Beberapa distro seperti Debian menggunakan pola kata GNU/Linux.
  • Linux Torvalds sang pembuat kernel Linux, menolak penggunaan GNU/Linux untuk menekankan bahwa Linux buanlah proyek dari GNU.
  • Anggota komunitas FOSS dan  GNU meminta penggunaan kata GNU/Linux

Sedikit catatan mengenai software Proprietary dalam Linux

Proprietay software adalah hak milik sah dari pihak satu dan biasanya diatur berdasarkan kontrak atau perjanjian. Ini bisa juga termasuk berbagai macam hak akses untuk berbagi, mengubah, meng-kode ulang, dan menggunakan software dan kodenya. Contoh populer software proprietery adalah Microsoft Windows / Office, Adobe Phothoshop, MacOS X, beberapa versi Unix dan driver hardware.

Free Software Foundation (dan kebanyakan distro seperti Fedora) mengikut aturan bahwa secara default user tidak boleh menginstall semua bentuk software proprietary di dalam komputer anda kecuali secara temporer dengan tujuan tertentu, untuk kemudian ditawarkan penggantian alternatif program tersebut tentunya secara gratis. Bagaimanapun, tidak ada orang yang memaksa pengguna GNU, atau kontributor GNU, harus mengikuti peraturan ini.  Dalam situasi tertentu anda perlu menggunakan software proprietary atau driver untuk menyelesaikan pekerjaan atau menggunakan device hardware seperti kartu grafis NVidia.

Tulisan asli disini

Di translate oleh cepilitok

 
1 Comment

Posted by on May 27, 2009 in linux

 

Tags:

One response to “Jelaskan padaku apa itu linux??

  1. kangtatang

    April 2, 2010 at 23:24

    akhirnya, jadi semakin faham apa itu linux😀
    terimakasih sahabat.

    salam
    kangtatang

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: