RSS

Mengenal teknologi virtualisasi / mesin bayangan / Virtual Machine (VM)

19 Apr

virtualization“Bagaimana ya caranya, aku pengin belajar jaringan tapi di rumah hanya ada satu komputer?” Itu adalah salah satu pertanyaan yang terbersit di dalam benak kita manakila kita baru mulai belajar jaringan komputer. Apakah kita harus membeli komputer satu lagi dan menghubungkannya secara nyata? Tentunya bukan solusi yang praktis manakala jika keuangan mepet, atau siswa TKJ yang ingin belajar jarkom di rumah, tanpa harus bergantung pada praktikum di lab sekolah. Solusinya adalah: VIRTUALISASI

Ya, virtualisasi bukanlah teknologi baru namun masih banyak orang yang belum tahu apa manfaat dan kegunaan virtualisasi secara nyata, melainkan hanya buat ’main-main’ semata. Oke, yang jelas saya tidak akan menjelaskan secara deskriptif apa itu virtualisasi, mungkin yang paling ringan adalah “PC di dalam PC”.

Perhatikan skenario berikut, atau lebih jelasnya apa sih manfaat virtualisasi:

  1. Kamu ingin belajar menginstall OS, tapi tidak ingin komputer sendiri yang jadi bahan percobaan. Maka gunakanlah virtualisasi
  2. Kamu ingin belajar jaringan, minimal bagaimana 2 komputer dapat berkomunikasi. Tidak perlu menggunakan 2 komputer secara fisik, tapi gunakanlah virtualisasi.
  3. Kamu ingin menginstall software yang diperuntukkan untuk jaringan, misal latihan menginstall software billing warnet, latihan meremote PC dan software2 lainnya yang membutuhkan jaringan untuk menggunakannya maka gunakanlah virtualisasi

Contoh diatas adalah skenario yang diperuntukkan untuk proses belajar, lantas apakah bisa digunakan dalam skenario lain yang lebih kompleks? Bisa. Perhatikan skenario berikut (dikutip dari manual virtualBox):

  1. Menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus secara simultan. Dengan virtualisasi kita dapat menjalankan beberapa sistem operasi dalam satu waktu. Dengan begini kita dapat menjalankan software yang diperuntukkan untuk sistem operasi lain (contoh software windows dalam linux atau mac) tanpa harus mereboot untuk menggunakannya. Karena kita dapat menentukan sendiri ‘hardware’ apa saja yang ingin digunakan dalam tiap-tiap sistem operasi, kita dapat menginstall OS tua seperti DOS atau OS/2 bahkan jika hardware komputer asli kita sudah tidak didukung oleh sistem operasi tersebut
  2. Instalasi software yang lebih mudah. Vendor software dapat menggunakan virtualisasi untuk mengapalkan keseluruhan konfigurasi software. Contohnya, menginstall server email dalam mesin asli adalah tugas yang beresiko. Dengan virtuaslisasi, tugas kompleks seperti itu dapat dipaketkan kedalam VM. Menginstall dan menjalankan mail server menjadi lebih mudah semudah mengimpor paket ke dalam VM.
  3. Testing dan perbaikan dari bencana (disaster recovery). Seketika terinstall, VM dan hardisk virtualnya dapat kita sebut dengan ‘isi’ yang dapat dengan mudah kita bekukan, bangunkan, kopi, backup, dan dipindahkan antar host (komputer asli). Juga kita tidak perlu khawatir jika VM kita terkena virus, dan mengalami kerusakan software.
  4. Konsolidasi infrastruktur. Virtualisasi secara signifikan dapat mengurangi biaya hardware dan listrik. Hingga hari ini, komputer hanya menggunakan sebagian sumber daya dari keseluruhan energy dan berjalan dengan beban kerja rata-rata rendah. Sumber daya hardware sebagaimana juga listrik akan terbuang sia-sia. Jadi daripada menjalankan banyak mesin secara fisik yang hanya resourcenya digunakan sebagian, cukup  satu dapat memuat banyak VM kedalam host yang powerful dan meratakan beban kerja antar mereka.

Agaknya itu saja yang dapat saya katakan tentang virtualisasi. Dan yang terakhir, macam2 software virtualisasi adalah:

  1. VirtualBox: (multiplatform, gratis, sangat disarankan)
  2. VMWare: (multiplatform, berbayar)
  3. Microsoft Virtual PC (Support OS Microsoft saja, gratis)
  4. Dll (apa ya.. saya lupa. Googling aja yah… :D)
virtual box

Ini desktop saya, di dalam windows 7 ada windows xp dan ubuntu juga😀

 
Leave a comment

Posted by on April 19, 2011 in jaringan, open source

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: